Bepenghasilan tetap atau tetap berpenghasilan?

Anda ingin digaji berapa per bulan? pertanyaan ini juga sering ditanyakan pada saat wawancara kerja di perusahaan. Bagi yang sudah siap mungkin sudah mencari bocoran dari karyawan yang sudah bekerja di perusahaan itu, meskipun yang ngasih bocoran juga kadang malu-malu dan hanya menjawab di kisaran berapa, karena urusan gaji itu sangat sensitif di dunia kerja kantoran, betul? πŸ˜€

Nah jika ditanya apakah anda ingin berpenghasilan tetap atau tetap berpenghasilan? biasanya jawaban bisa sangat bervariasi. Ada yang dengan mantap ingin punya penghasilan tetap perbulan sehingga selalu merasa aman dan punya kepastian slip gaji. Slip gaji ini bisa bermanfaat untuk keperluan lain seperti kredit kendaraan atau rumah.

Berbeda dengan yang bermental pengusaha, mereka lebih memilih berpenghasilan tidak tetap, bisa kecil tetapi punya peluang untuk besar. Tapi pengusahaΒ tidak memikirkan besar atau kecilnya penghasilan per bulan, karena besar atau kecil itu sangat relatif dan sangat bergantung pada gaya hidup. Jika anda bergaya hidup sederhana, maka penghasilan 4 juta / bulan itu sudah besar. Sedangkan jika anda bergaya hidup mewah, penghasilan 12 juta / bulan pun mungkin masih terasa kecil.

Saya sebagai freelancer mungkin mirip2 pengusaha walaupun tidak sepenuhnya sama karena freelancer itu masih bekerja kepada orang/klien sedangkan pengusaha adalah yang menyediakan pekerjaan bagi kami. Bedanya dengan pekerja biasa, freelancer tidak terikat pada satu orang bos, bahkan bisa bekerja untuk banyak klien, jadi penghasilan bisa bervariasi. Dan dari pengamatan saya, penghasilan freelancer sangat berhubungan dengan skill dan jam terbang.

Seorang kawan freelancer membuat tools untuk membuat rekap grafik penghasilan yang sangat membantu sehingga saya bisa melihat grafik penghasilan saya dari tahun 2011-2014 (2009-2010 masih galau.. hihi)

Grafik penghasilan tahun 2011:

Grafik tahun 2012:

Grafik tahun 2013:

 

Grafik tahun 2014 :

Alhamdulillah, penghasilan saya tidak tetap..

27 thoughts on “Bepenghasilan tetap atau tetap berpenghasilan?”

      1. Suer, seru bener! :like:
        Kalau semua berjalan aman2 aja, insya Allah mulai bulan ini bisa 3k/month. But still, itu 40hours/week.

        Masih ingin tingkatkan sampai 3k, tapi dengan working hour 20hours/week πŸ˜€

        btw, njenengan berapa lama bertahan di $15/hour?

          1. Nice. Kerja aktifku, belum sampai setahun. masih $15. ada jg yg sdh $20.

            Sptnya, aku harus ningkatin skill ke web dev dengan Python dan mulai garap serius aplikasi web. karena mikirnya, market aplikasi web itu jelas jauh lebih luas ketimbang desktop.

            U/ itu, harus garap sesuatu u/ portofolio dulu nih

          2. Atau iOS aja ding. Lebih greget πŸ˜€
            * tetep ada perasaan ga nyaman aplikasi web.. mungkin karena aplikasi yang dibuat harus jalan di aplikasi lain (browser), dan .. kurang nyaman aja kalau dikontrol gitu.
            * kalau desktop/iOS kan aplikasi kita bener2 (nyaris) take over sistem secara keseluruhan πŸ˜€

    1. Hihi. Dibilang setan itu, kalau di akhir jaman ini, itu berarti sesuatu yang hebaaat bener
      Bayangkan, setan itu bekerjanya 24/7, sedetik pun ga pernah berhenti menggoda

      … selevel deh :v

  1. Jadi inget dulu temenku pernah bilang: walaupun tidak punya pekerjaan tetap, tetapi yang penting tetap bekerja.

    Keren bro, teteuph ceumungudh!! πŸ˜€

  2. Ngiler saya lihat penghasilannya πŸ˜€
    Mas Sabril kerja sebagai apa di odesk?
    Saya minta tips dong buat kerja di odesk. Saya belum punya skill tapi pengen bisa jadi freelancer. Jadi sebaiknya saya harus belajar apa dulu? Sudah daftar di odesk tapi masih belum diapa-apain. hehe

Leave a Reply